TUGAS MATAKULIAH TEKNOLOGI INFORMASI
“Perbandingan Kerangka Pikir Strategic Planning Amazon.com, Inc”
OLEH:
NAMA : DEVI MANGANDA’ ( 4516013037 )
IRNAYANTI ( 4516013030 )
KELAS : A
PROGRAM
STUDI AKUNTANSI
FAKULTAS
EKONOMI
UNIVERSITAS
BOSOWA
MAKASSAR
2016A. Amazon.com, Inc
1.
Awal berdirinya
perusahaan
Perusahaan ini didirikan pada tahun 1994 oleh Jeff Bozes dan mulai
dipublikasikan untuk khalayak umum satu tahun kemudian yaitu tahun 1995. Bozes
pada mulanya bekerja di De Shaw & CO memutuskan untuk membuat perusahaannya
sendiri. Pada mulanya nama dari perusahaan toko online ini adalah ‘Cadabra’ dan
pertama rilis tanggal 5 Juli tahun 1994. Setelah dipikirkan kembali barulah
pada tahun 1995 namanya berubah. Penggantian nama ini dikarenakan nama yang
awal terdengar sangat mengerikan dan kurang menjual. Dengan penggantian nama
menjadi amazon.com terasa lebih istimewa dan tentunya akan mudah dicari karena
dengan awalan A maka akan berada dalam daftar paling atas sendiri. Selain itu,
dia juga ingin perusahaan yang dibangunnya menjadi besar seperti sungai
terpanjang dan eksotis yang ada di Amerika.
2. Perkembangan awal
perusahaan
Perusahaan toko online yang berkantor si Seattle, Washington,
Amerika Serikat ini dibangun berdasarkan analisis yang sangat mendalam. Bozes
melihat peluang yang sangat besar sekali dengan perkembangan dunia internet
yang akan terjadi di masa mendatang. Dan terbukti sekarang perusahaannya sudah
sangat berkembang pesat. Pada awalnya, Bozes merinci ada 20 daftar nama barang
yang akan dipasarkannya tapi kemudian dipersempit menjadi 5 saja yang akan
dipasarkan dan dianggap sangat menguntungkan. Kelima produk tersebut yaitu
buku, software komputer, video, hardware komputer, dan compact disc. Dari lima
daftar ini akhirnya Bozes memutuskan untuk menjual buku secara online pada
mulanya. Pada awal penjualan di amazon.com berupa buku ini mengalami
perkembangan yang pesat karena ketika itu permintaan buka sangat banyak.
B.
Layanan Yang Ada di amazon.com, Inc
1.
Penjualan Barang Retail
Sesuai dengan konsep, awalnya perusahaan ini menjual berbagai
barang retail secara online. Ada banyak barang yang dijual. Dari mulai buku,
peralatan rumah tangga, barang elektronik, bahkan semua kebutuhan yang Anda
perlukan ada di toko ini. Pada awalnya, perusahaan masih belum menjual barang
yang cepat busuk seperti sayur atau buah tapi sekarang sudah memberikan layanan
tersebut untuk daerah tertentu saja khusus yang dekat dengan pengiriman barang.
2.
Software untuk semua
perangkat
Amazon.com tidak hanya bisa di akses dengan menggunakan komputer
saja, sebab sekarang sudah bisa diakses dengan menggunakan berbagai elektronik
yang canggih seperti handphone dan juga tablet. Jadi, para penggunanya bisa
dengan mudah mengakses dan memesan dengan menggunakan perangkat yang
dimilikinya.
3.
Konten digital
Selain menjual berupa produk-produk fisik perusahaan ini juga
menjual berbagai konten digital yang bisa didownload langsung dan dibayar
dengan menggunakan pulsa ataupun via transfer. Konten-konten ini berupa e-book,
musik, dan berbagai konten digital lainnya untuk komputer ataupun handphone.
Harga yang ditawarkan untuk konten-konten ini sangat bervariasi, bahkan ada
yang gratis dan juga dengan diskon yang sangat besar.
4.
Amazon game
Fitur ini memberikan kemudahan untuk Anda penggila game, baik game
komputer ataupun gadget. Perusahaan ini mengembangkan game untuk semua sistem
seperti windows, android, Mac dan juga Kindle Fire. Zona game yang diberikan
ini sangat inovatif dan juga menyenangkan. Semua game yang dijual disini hasil
dari pengembangan para ahli gamer yang bekerja di perusahaan ini.
5.
Amazon Art
Pada bulan Agustus 2013
perusahaan ini meluncurkan pasar online seni. Pasar ini menjual berbagai karya
seni asli dan juga terbatas dari berbagai galeri yang terpilih. Awalnya hanya
ada 40 ribu item saja yang ada tapi sekarang sudah berkembang semakin banyak.
C. Perbandingan Kerangka Pikir Amazon.com, Inc
Strategi
perusahaan Amazon.com, Inc begitu sederhana bila dibandingkan dengan strategi PT BCA. Isi
strategi amazon.com, Inc yaitu :
1.
More
Customers
Mereka mengawali pekerjaan dengan
mengacu kepada pelanggan dari sana baru memetakan keseluruhan proses.
2.
Low
Price
Amazon membelanjakan uang hanya untuk
hal-hal yang benar-benar perlu. Mereka percaya bahwa dengan berhemat maka akan
dapat menuai kemampuan untuk survive dalam situasi sulit, bebas ketergantungan,
dan juga kesempatan menemukan sesuatu yang baru.
3.
More
Infrastruktur
Amazon.com terus berupaya untuk meningkatkan kualitas dan
juga inovasi
4.
More
Usage
Amazon.com
merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan berbagai layanan produk yang
dapat menjangkau setiap orang
5.
Economies
Amazon.com
terus berupaya untuk mengoptimalkan berbagai biaya agar semua yang di tawarkan
selalu menghasilkan laba.
Strategi perusahaan Amazon.com
Kemudian isi strategi kerangka berpikir PT. BCA yaitu :
Menurut
pendapat kami, PT BCA memiliki kerangka pikir yang begitu rapi yang tersusun
secara sistematis. Tetapi berbeda dengan amazon.com, Inc yang kerangka pikirnya
begitu sederhana namun mencakup segala aspek.
D. Struktur
Organisasi Amazon.com, Inc
Amazon.com
diketuai oleh CEO yang bernama Jeft Bezoz yang sekaligus sebagai founder
Amazon.com. Di bagian bawah CEO dibagi setiap bidang-bidang yang diketuai oleh
seorang ketua. Yang bertugas untuk mengatur setiap tugas yang di berikan
berdasarkan bidangnya masing-masing.
Struktur Organisasi Amazon.com, Inc
DAFTAR PUSTAKA
1. https://www.google.co.id/imgres?imgurl=http%3A%2F%2Fimage.slidesharecdn.com%2Famazonpresentation-130117223502
2. https://vccmurah.net/blog/apa-itu-amazon-com-sejarah-perkembangan/
2. https://vccmurah.net/blog/apa-itu-amazon-com-sejarah-perkembangan/
Slots Machines - JTM Hub
BalasHapusJTM's slots games 영천 출장샵 include Jackpot 김포 출장안마 slots, Bingo and 안양 출장마사지 video 오산 출장안마 poker machines, as well as table games like blackjack, 보령 출장마사지 craps, craps,
ci432 fake bags online wt638
BalasHapus