Perbandingan Kerangka Pikir Strategic Planning Amazon.com, Inc

TUGAS MATAKULIAH TEKNOLOGI INFORMASI
“Perbandingan Kerangka Pikir Strategic Planning Amazon.com, Inc”


OLEH:

                                 NAMA        : DEVI MANGANDA’  ( 4516013037 )
                                                             IRNAYANTI              ( 4516013030 )
                                        KELAS      :  A




PROGRAM STUDI AKUNTANSI
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS BOSOWA


MAKASSAR
                                                           2016



A.   Amazon.com, Inc
1.    Awal berdirinya perusahaan
Perusahaan ini didirikan pada tahun 1994 oleh Jeff Bozes dan mulai dipublikasikan untuk khalayak umum satu tahun kemudian yaitu tahun 1995. Bozes pada mulanya bekerja di De Shaw & CO memutuskan untuk membuat perusahaannya sendiri. Pada mulanya nama dari perusahaan toko online ini adalah ‘Cadabra’ dan pertama rilis tanggal 5 Juli tahun 1994. Setelah dipikirkan kembali barulah pada tahun 1995 namanya berubah. Penggantian nama ini dikarenakan nama yang awal terdengar sangat mengerikan dan kurang menjual. Dengan penggantian nama menjadi amazon.com terasa lebih istimewa dan tentunya akan mudah dicari karena dengan awalan A maka akan berada dalam daftar paling atas sendiri. Selain itu, dia juga ingin perusahaan yang dibangunnya menjadi besar seperti sungai terpanjang dan eksotis yang ada di Amerika.
2.    Perkembangan awal perusahaan
Perusahaan toko online yang berkantor si Seattle, Washington, Amerika Serikat ini dibangun berdasarkan analisis yang sangat mendalam. Bozes melihat peluang yang sangat besar sekali dengan perkembangan dunia internet yang akan terjadi di masa mendatang. Dan terbukti sekarang perusahaannya sudah sangat berkembang pesat. Pada awalnya, Bozes merinci ada 20 daftar nama barang yang akan dipasarkannya tapi kemudian dipersempit menjadi 5 saja yang akan dipasarkan dan dianggap sangat menguntungkan. Kelima produk tersebut yaitu buku, software komputer, video, hardware komputer, dan compact disc. Dari lima daftar ini akhirnya Bozes memutuskan untuk menjual buku secara online pada mulanya. Pada awal penjualan di amazon.com berupa buku ini mengalami perkembangan yang pesat karena ketika itu permintaan buka sangat banyak.

B.   Layanan Yang Ada di amazon.com, Inc
1.     Penjualan Barang Retail
Sesuai dengan konsep, awalnya perusahaan ini menjual berbagai barang retail secara online. Ada banyak barang yang dijual. Dari mulai buku, peralatan rumah tangga, barang elektronik, bahkan semua kebutuhan yang Anda perlukan ada di toko ini. Pada awalnya, perusahaan masih belum menjual barang yang cepat busuk seperti sayur atau buah tapi sekarang sudah memberikan layanan tersebut untuk daerah tertentu saja khusus yang dekat dengan pengiriman barang.
2.    Software untuk semua perangkat
Amazon.com tidak hanya bisa di akses dengan menggunakan komputer saja, sebab sekarang sudah bisa diakses dengan menggunakan berbagai elektronik yang canggih seperti handphone dan juga tablet. Jadi, para penggunanya bisa dengan mudah mengakses dan memesan dengan menggunakan perangkat yang dimilikinya.
3.    Konten digital
Selain menjual berupa produk-produk fisik perusahaan ini juga menjual berbagai konten digital yang bisa didownload langsung dan dibayar dengan menggunakan pulsa ataupun via transfer. Konten-konten ini berupa e-book, musik, dan berbagai konten digital lainnya untuk komputer ataupun handphone. Harga yang ditawarkan untuk konten-konten ini sangat bervariasi, bahkan ada yang gratis dan juga dengan diskon yang sangat besar.
4.    Amazon game
Fitur ini memberikan kemudahan untuk Anda penggila game, baik game komputer ataupun gadget. Perusahaan ini mengembangkan game untuk semua sistem seperti windows, android, Mac dan juga Kindle Fire. Zona game yang diberikan ini sangat inovatif dan juga menyenangkan. Semua game yang dijual disini hasil dari pengembangan para ahli gamer yang bekerja di perusahaan ini.
5.    Amazon Art
Pada bulan Agustus 2013 perusahaan ini meluncurkan pasar online seni. Pasar ini menjual berbagai karya seni asli dan juga terbatas dari berbagai galeri yang terpilih. Awalnya hanya ada 40 ribu item saja yang ada tapi sekarang sudah berkembang semakin banyak.

C.  Perbandingan Kerangka Pikir Amazon.com, Inc
Strategi perusahaan Amazon.com, Inc begitu sederhana bila dibandingkan dengan strategi PT BCA. Isi strategi amazon.com, Inc yaitu :
    1.        More Customers
Mereka mengawali pekerjaan dengan mengacu kepada pelanggan dari sana baru memetakan keseluruhan proses.
    2.        Low Price
Amazon membelanjakan uang hanya untuk hal-hal yang benar-benar perlu. Mereka percaya bahwa dengan berhemat maka akan dapat menuai kemampuan untuk survive dalam situasi sulit, bebas ketergantungan, dan juga kesempatan menemukan sesuatu yang baru.
    3.        More Infrastruktur
Amazon.com terus berupaya untuk meningkatkan kualitas dan juga inovasi
    4.        More Usage
Amazon.com merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan berbagai layanan produk yang dapat menjangkau setiap orang
    5.        Economies
Amazon.com terus berupaya untuk mengoptimalkan berbagai biaya agar semua yang di tawarkan selalu menghasilkan laba.


                                                      Strategi perusahaan Amazon.com 

Kemudian isi strategi kerangka berpikir PT. BCA yaitu :

Menurut pendapat kami, PT BCA memiliki kerangka pikir yang begitu rapi yang tersusun secara sistematis. Tetapi berbeda dengan amazon.com, Inc yang kerangka pikirnya begitu sederhana namun mencakup segala aspek.

D.  Struktur Organisasi Amazon.com, Inc
Amazon.com diketuai oleh CEO yang bernama Jeft Bezoz yang sekaligus sebagai founder Amazon.com. Di bagian bawah CEO dibagi setiap bidang-bidang yang diketuai oleh seorang ketua. Yang bertugas untuk mengatur setiap tugas yang di berikan berdasarkan bidangnya masing-masing.


                                     Struktur Organisasi Amazon.com, Inc


DAFTAR PUSTAKA





2 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

Blogger templates

Pages

Blogroll

Facebook

Blogger templates

About

Popular Posts